Saturday 20 September 2014

DEKATKAN PELAYANAN PUBLIK SAMSAT BELOPA BUKA UNIT PEMBANTU DIWALMAS


Luwu,-
Kabupaten Luwu memiliki wilayah yang terbilang luas. Hal ini membuat berbagai pelayanan masyarakat, khususnya yang berada dibagian walenrang menjadi kurang maksimal, bahkan sebagian besar masyarakat walmas merasa kesulitan jika ingin mengurus sesuatu, karena jarak tempuh ke Ibukota Kabupaten sangat jauh.
“Bahkan untuk urus KK dan KTP saja, kami terpaksa harus menempuh jarak hingga 80 KM, dan melewati kota Palopo.” Ungkap seorang masyarakat Walmas yang mengeluhkan jauhnya jarak tempuh ke Belopa, yang merupakan pusat pemerintahan sekaligus ibukota kabupaten Luwu.

Menyikapi hal itu, beberapa Instansi pun mensiasatinya dengan membentuk unit pelayanan tertentu di daerah Walenrang Lamasi yang dikenal dengan sebutan Walmas.
Kantor bersama Samsat Luwu misalnya.
Sejak tanggal 25 agustus 2014, kantor bersama gabungan Polri, Dishub, dan Dispenda ini membuka unit pelayanan di Walmas.
Iptu Ahmad, Kanit regident Samsat Luwu yang ditemui diruang kerjanya mengaku berinisiatif membuka unit pelayanan di wilayah Walmas agar lebih mempermudah masyarakat luwu, khususnya yang berdomisili di wilayah itu dalam pelayanan yang berkaitan dengan kegiatan Samsat.
Kepada Wartawan Iptu Ahmad menjelaskan, dengan keberadaan unit samsat di daerah Karetan yang merupakan daerah walmas, dapat mempermudah masyarakat yang ingin mengurus pajak kendaraan miliknya.
“Kecuali kalau ingin mengganti atau merubah Plat nomor kendaraan, mereka masih harus ke belopa pak.” Tutur Iptu Ahmad.
Penempatan kantor Unit Samsat di daerah Karetan tepat disamping jembatan timbang dalam pandangannya, sudah cukup strategis dan akan sangat membantu masyarakat walmas.
“Selain sangat dekat, posisi kantornya pun mudah diakses karena berada di jalan poros trans sulawesi yang merupakan akses utama masyarakat di wilayah itu.” Tutur Iptu Ahmad yakin. (Hermawan/Sl).

No comments: