Friday 1 May 2015

DANA HABIS PROYEK BELUM KELAR

PROYEK SANITASI AIR BERSIH DESA TUMALE DIPERTANYAKAN

Luwu, Libas News-
Pembangunan air bersih di desa tumale kecamatan bupon kabupaten luwu yang tidak dilengkapi papa informasi dipertayakan.
Tak ayal, tertutupnya akses informasi tentang pembagunan proyek yang menelan anggaran ratusan juta rupiah ini kian memperkuat dugaan adanya peyimpangan dalam proses pembangunannya.
Saat dikonfirmasi,  kepala desa tumale Buntu Emma mengaku bahwa proyek air bersih ini berasal dari dinas tata ruang dan pemukiman (Tarkim) kabupaten luwu yang jumlah anggarannya 216 juta rupiah.

Anehnya, Nomba Patiadanan, ketua pembagunan yang ditemui dilokasi pekerjaan mengaku bahwa beberapa item pekerjaan dalam proyek air bersih ini belum selesai dikerjakan.
Salah satu pekerjaan yang dimaksud belum rampung, yakni pengeboran karena kualitas air yang ada saat ini masih belum layak komsumsi dan berasa asin.
Untuk membuat air sumur ini layak dikonsumsi, perlunya diadakan pendalaman sumur. Jelas Nomba Patianan.
Selain pekerjaan yang belum rampung, salah satu indikasi lain adanya indiksi penyimpangan dalam pembangunan dan pengadaan Proyek Air Bersih di desa Tumale ini, yakni proses pencairan dananya yang terkesan sangat dipaksakan.
Yoliana Bunga yang saat itu ditunjuk sebagai bendahara mengaku bahwa proses pencairan sudah tiga kali dilakukan.
Yoliana menegaskan jika dana untuk proyek air bersih yang bersumber dari APBN-P 2014 itu sudah habis.
Menurut Yoliana, dana yang tersisa direkening saat ini hanya dana Inkes yang jumlahnya Rp.10 juta.
“Itupun hanya dana kami yang tersisa jelas Yoliana bunga.
Dari pantauan dilapangan, Pembangunan proyek air bersih yang disebut-sebut sarat penyelewengan ini, tampak masih dalam tahap pengerjaan, diantaranya : penggalian untuk perbaikan kualiatas air sehingga layak dikonsumsi, penggalian dan pemasangan pipa hingga ke penerima manfaat dengan bentangan 2,5 Kilometer persegi.
Selain itu, ditemukan pula beberapa pekerjaan lain yang belum selesai, seperti bak penampung yang belum diplester, dan beberapa item pekerjaan lain.(Ishak).

No comments: