Saturday 20 September 2014

UNANDA MENUJU PTN



Palopo, -
Perjuangan sejumlah tokoh masyarakat diwilayah luwu raya untuk menjadikan Universitas Andi Djemma yang dikenal dengan sebutan Unanda menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terus gencar dilakukan.
Tak tanggung-tanggung, mulai dari Tokoh Pemuda, Akademisi, hingga Kepala Daerah pun ikut andil dalam perjuangan ini.

Selain melengkapi berbagai dokumen sebagai pelengkap administrasi, sejumlah lahan untuk lokasi pembangunan kampus pun sudah disiapkan.
Hal itu juga ditegaskan Andi Musakkar, Bupati Luwu saat memberikan sambutan dalam acara wisuda Mahasiswa Universitas Cokroaminoto Palopo beberapa waktu lalu.
Cakka, sebutan Akrab Andi Musakkar bahkan mengaku akan mengupayakan dua Universitas di Kota Palopo menjadi PTN, yang salah satunya adalah Universitas Andi Djemma, sebut Cakka, kala itu.
Selaku Bupati dan Putra Luwu, dirinya juga telah menghibahkan sebidang tanah yang berlokasi di Kecamatan Bua kabupaten Luwu untuk dijadikan lokasi pembangunan kampus Unanda kedepan yang telah dilengkapi dengan sertifikat.
Cakka dalam sambutannya juga menyebutkan salah satu areal lain yang bakal dijadikan lokasi pembangunan kampus unanda di wilayah Barammamase, walenrang.
Terpisah, Abdul Rahman Nur, SH,MH, Akademisi yang juga merupakan Dosen Fakultas Hukum Universitas Andi Djemma yang dikonfirmasi melalui telepon selulernya menjelaskan bahwa upaya tokoh masyarakat Luwu untuk menjadikan Unanda sebagai PTN sudah dilakukan sejak tahun 2010, kini sudah mendapat titik terang.
Pasalnya, lanjut Abdul Rahman, semua persiapan administrasi sudah terpenuhi, mulai dari jumlah mahasiswa, hingga persiapan lahan kampus.
 “Sekarang Unanda sudah memiliki sepuluh Program Study, dengan jumlah mahasiswa
Jumlah mahasiswa tahun 2014 mencapai limabelas ribu mahasiswa baru.
Selaku Bupati Luwu, dirinya juga telah mengupayakan penerbitan sertifikat tanah yang berada di wilayah walenrang, kab.Luwu tersebut yakni 30 hektar luasnya. Dalam hal ini pihak akademi unanda antusias menyambut baik tanggapan dari bapak bupati luwu.
Burhanuddin,SH,MH wakil dekan fakultas hukum unanda mengungkapkan berbagai upaya keras yang dilakukan dalam rangka memperjuangkan Universitas Andi Djemma yang kini berstatus yayasan untuk menjadi Perguruan Tinggi Negeri.
Kepada wartawan, Akademisi yang akrab di sapa Om Bur ini menjelaskan, saat ini Tim yang berjuang untuk membuat Unanda menjadi PTN sedang berada dijakarta untuk menemui Dirjen Dikti untuk mengantar berbagai pelengkap administrasi.
“saat ini tim sudah berada dijakarta untuk menemui kementrian pendidikan.” Jelas Om Bur.
Terpisah, salah satu Dosen fakultas hukum yang juga tergabung dalam Tim berharap upaya yang telah mereka lakukan segera dapat membuahkan hasil.
“Kita berharap semoga keberangkatan Tim ke Jakarta kali ini dapat membuahkan hasil” harapnya.(Hermawan).

Foto : Tampak Sertifikat tanah di daerah Barammamase – Walenrang yang diperuntukkan bagi pembangunan kampus Unanda dengan Status Hak Pakai.

No comments: